Thursday, February 9, 2012

Daftar Sihir Dalam Film Harry Potter dan Asal Mula-nya Dalam Bahasa Latin

Leave a Comment
Siapa yang tidak kenal Harry Potter? Tokoh fiksi yang lahir dari seorang penulis cewek asal Inggris ini telah membius jutaan penonton dan pembaca di seluruh dunia. Joanne Kathleen Rowling yang dengan jenius nya menciptakan setting sekolah sihir di era modern dengan tokoh utama nya Harry James Potter yang didalam film nya di perankan secara piawai oleh Daniel Radcliffe, ditemani oleh sahabat setianya yang juga kiper tim Quidditch Gryffindor yakni Ronald "Ron" Bilius Weasley yang diperankan oleh Rupert Grin dan cewek manis jenius sihir Hermione Jane Granger yang diperankan oleh Emma Watson, ketiga nya berasal dari asrama Gryffindor. Trio Emas ini sepanjang cerita berusaha untuk menaklukkan seorang penyihir jahat, kejam dan licik yang juga mantan murid cemerlang Slytherin yaitu Lord Voldermort yang terlahir dengan nama Tom Marvolo Riddle yang diperankan oleh Ralph Fiennes, kata Voldemort sendiri berasal dari anagram namanya sendiri "Tom Marvolo Riddle" yaitu "I Am Lord Voldemort".

Yang menjadi fokus utama artikel saya kali ini bukanlah tokoh-tokoh Harry Potter, namun lebih ke sihir-sihir yang mereka gunakan dan asal kata nya dalam bahasa latin. Ternyata J.K Rowling tidak asal nyiptain sihir loh, kebanyakan sihir-sihir ini mempunyai arti, kebanyakan berasal dari kata latin. Pengen tau apa aja? Simak breakdown nya dibawah ini, dan jangan lupa tinggalkan komentarmu dan ikuti terus blog ini :)

  • Accio (Mantra Pemanggil) = Digunakan untuk memanggil suatu objek ke si pemantra, biasanya dalam jarak jauh. Kata Accio berasal dari bahasa latin yang artinya "Aku Memanggil".
  • Aguamenti = Mengeluarkan aliran air dari ujung tongkat sihir. Dalam bahasa spanyol dan portugis, agua berarti "air" dan mente berarti "pikiran"; ini merupakan turunan dari kata latin aqua ("air") dan mens ("pikiran"). Akhiran I pada Menti disini berarti "untuk" atau "bagi", jadi aguamenti arti harfiah nya "air bagi pikiran".
  • Alohomora = J.K Rowling mengatakan bahwa kata ini diambil dari dialek ilmu perbintangan suku afrika barat Sidiki, yang arti harfiah nya adalah "sahabat bagi para pencuri".
  • Alarte Ascendare = Mantra untuk meluncurkan suatu objek ke udara. Digunakan pertama kali oleh Gilderoy Lockhart untuk menyingkirkan ular yang disihir oleh Draco Malfoy pada Klub Duel tahun 1992, namun bukannya menyingkirkan ular tersebut ke udara, malah membuatnya makin agresif.



    masih dalam pembuatan :(

0 comments :

Post a Comment