Thursday, July 26, 2012

Test Masuk Infomedia

6 comments

Dua hari yang lalu saya mendapat panggilan interview kerja sebagai Call Center Telkomsel di Gedung Infomedia Bandung, yang bertempat di Jl. Buah Batu No. 91, setelah mengisi daftar hadir dan formulir pendaftaran seperti biasa, para job seekers pun di panggil per 2 orang untuk memulai interview, di dalam kami di sambut dengan senyum oleh pewawancara dan interview hari itu pun di mulai dengan basa basi perkenalan seperti biasa...

Masuk ke bagian inti interview pertama hari itu, ternyata kami dipersilahkan untuk berperan sebagai Travel Agent, salah seorang peserta di berikan role sebagai penelpon, dan yang lain sebagai agent. Berhubung saya memang sudah biasa menelpon travel agent untuk perjalanan bandung-jakarta, maka saya hanya me-recall apa yang biasa saya dengar sebagai customer.

Dimulai dari sambutan hangat, lalu menanyakan nama penelpon, ingin pesan berapa buah tiket, lalu memberitahu tanggal, jam keberangkatan travel, berikut harga nya, tidak lupa setelah itu ditutup dengan konfirmasi pesanan tiket yang di booking.

Setelah seluruh peserta selesai menjalani interview, selanjutnya kami menjalani Psikotest... Berikut saya jabarkan apa-apa saja yang di ujikan dalam psikotest di Infomedia:

  1. Total waktu +/- 2 jam 30 menit.
  2. Tes pertama adalah tebak urutan gambar.
  3. Tes kedua, lagi-lagi tebak gambar, namun kali ini gambar nya jadi lebih kompleks.
  4. English Test... Di sesi ini, akan terdiri dari tes Listening & Multiple Choice. Pada test listening, akan diperdengarkan beberapa kategori pertanyaan yang harus di jawab, tes listening ini sendiri terbagi lagi kedalam beberapa kategori seperti Artikel, Small Talk, dan Conversation.
  5. Wartegg Test... Pada test ini kami diberikan sebuah kertas berisi 8 buah kotak yang masing-masing kotak nya telah berisi gambar yang belum selesai, tugas peserta adalah melanjutkan gambar ini sesuai dengan kreasi nya masing-masing.
  6. Test terakhir dan menurut saya paling berat adalah Test Koran (Pauli-Kreplin Test)... Pada test ini, masing-masing peserta di berikan sebuah kertas seukuran surat kabar yang berisikan angka-angka acak dari 0-9 yang berderet vertikal, peserta hanya disuruh untuk menjumlahkan tiap 2 angka dan menuliskan jawabannya di tengah-tengah kedua angka tersebut. Setiap beberapa menit, petugas tes akan mengucapkan "Ganti!" yang artinya peserta harus mengganti baris angka yang dikerjakannya dengan baris selanjutnya meskipun baris yang saat ini sedang dikerjakan belum selesai. Tujuan dari tes ini sepertinya untuk melihat konsentrasi, kestabilan, logika berhitung, dan bekerja di bawah tekanan yang dimiliki oleh peserta.

Untuk lebih jelasnya mengenai Wartegg Test dan Test Koran (Pauli-Kreplin Test), selanjutnya akan saya post mengenai bahasan test tersebut secara tersendiri.
Sekian berita malam hari ini... semoga sedikit berguna bagi para pencari kerja yang kebetulan juga ingin menjalani test di Infomedia Telkom... aditbaco out! :)

6 comments :

  1. call center di infomedia itu bisa part time gak ya? saya mahasiswi, rencananya mau ngelamar kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga bisa soal ya shift2an kerjanya... tapi bisa juga sih tukeran shift, tergantung nantinya aja ada yg mau tukeran apa ngga :)

      Delete
  2. maaf kalo bleh tau ada berapa sift kalao di infomedia?

    ReplyDelete
  3. @GumeLar.... mohon maaf mimin nya kmrn ga ngelanjutin ujian masuk Infomedia nya hehehe.... mgkn tmn2 yg lain bisa bantu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Min wktu itu interviewnya bahasa inggris apa bahasa indo soalnya besok sya ada interview disana :(

      Delete
  4. Klo cewek jam 7 pagi smpai jam 5sore gda shift mlama kl cwo ada shift malam trmsk dksi bnus. Stlh lolos psikotestbad interview user sm atasan

    ReplyDelete