Saturday, October 22, 2011

Boleh ga sih minum kopi setelah minum alkohol? (Untung Rugi Minum Kopi)

Leave a Comment
Barusan saya penasaran, ada temen yang nanya "boleh ga sih minum kopi setelah meminum alkohol?", setelah cek per cek ternyata ga ada artikel yang memuat tentang ini, ujung-ujungnya malah nyasar ke artikel untung rugi nya minum kopi... apa sih untung rugi nya?

Untung nya :
  1. Kafein yang ada di dalam kopi bikin gairah kita meningkat, badan kerasa segar, daya pikir lebih cepet, ga mudah lelah, ngilangin ngantuk.
  2. Kafein juga ternyata bisa memperbaiki fungsi mental buat penderita kecanduan alkohol.
  3. Kafein didalam kopi juga terbukti bisa menetralisir asam lemak dalam darah

Rugi nya:
  1. Minum kopi diatas 250 mg (4 cangkir) sekaligus bisa bikin insomnia, jantung berdebar, gugup tremor (tangan bergetar), bahkan sampai mual-mual dan muntah-muntah.
  2. Bagi Wanita yang menopouse, minum kopi dalam jumlah banyak bisa menambah resiko tulang keropos (Osteoporosis).
  3. Konsumsi kopi sampai 300 mg perhari buat wanita malah bisa mengurangi kesuburan loh, sekitar 27% lebih rendah tingkat kehamilannya dibanding wanita yang ga mengkonsumsi.
  4. Yang lebih parah lagi, kalo mengkonsumsi hingga 6-7 cangkir perhari, diperkirakan resiko terkena penyakit jantung atau stroke naik sebesar 10%, dan kadar vitamin B6 (Berperan penting bagi metabolisme) bisa berkurang hingga 21%!

Wah, saya yang termasuk peminum kopi berat (max 3 cangkir/hari) sepertinya juga mesti hati-hati juga nih, tapi rugi nya sih lebih banyak ke cewe yah, untung saya CeWo hihihi...
 
Jadi kesimpulannya, ada baik dan buruk nya juga yah meminum kopi, buat orang yang  yang pekerjaannya memerlukan ketelitian, kerapian, serta ketetapan menghitung, seperti matematika, menggambar atau melukis, sebaiknya kurangi minum kopi, sebaliknya, minum kopi lebih tepat bagi orang yang belajar ilmu-ilmu sosial atau menghapal. Minumlah sekitar setengah sampai satu jam sebelum aktivitas belajar atau menghapal dimulai. Dan buat para wanita, sebaiknya lebih bijak untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi kopi.

So, memang berlebih-lebihan itu tidak baik ya? Cheers :D

Buat yang pengen baca lebih detail silahkan cek langsung di TKP

0 comments :

Post a Comment