Wednesday, October 19, 2011

Kumpulan Puisi "Ada Apa Dengan Cinta?" (2002)

1 comment
"ADA APA DENGAN CINTA?"
Film Cinta - Remaja
Pemain : Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra
Sutradara : Rudi Soedjarwo
Produser : Mira Lesmana, Riri Riza

Film ini bercerita mengenai pertemuan dua remaja yang datang dari latar belakang yang berbeda. Cinta (Dian Sastrowardoyo) selalu bersama dengan sekelompok teman "gaul"-nya, dan Rangga (Nicholas Saputra) adalah "aku" yang selalu menyendiri dengan bacaan sastranya.
Cinta (17 tahun), adalah gadis cantik yang supel, cerdas dan sangat percaya diri.Cinta memiliki segalanya, keluarga yang sangat mencintainya, sahabat setia dan perhatian cowok idaman di sekolahnya.
Semua mulai berubah ketika Cinta bertemu dengan Rangga, cowok angkuh dan dingin. Keduanya sama-sama mencintai buku dan puisi. Kehadiran Rangga telah mengganggu emosi Cinta.
Walaupun berbagai pertentangan mewarnai keduanya, terutama yang datang dari diri mereka sendiri, cinta akhirnya tumbuh juga. Karakter Rangga yang sulit di tebak dan sangat berbeda dari dirinya, menimbulkan sensasi baru dalam diri Cinta dan mulai merubahnya. Ketika konflik memuncak, Cinta mulai berubah di mata teman-temannya. Sehingga orang-orang bertanya-tanya, "Ada Apa Dengan Cinta?"

=========================================================================
 
PUISI RANGGA I


Kulari ke hutan kemudian teriakku
Kulari ke pantai kemudian menyanyiku
Sepi... sepi dan sendiri aku benci

Aku ingin bingar... aku mau di pasar
Bosan aku dengan penat
Dan enyah saja kau pekat
Seperti berjelaga jika ku sendiri...

Pecahkan saja gelasnya biar ramai
Biar mengaduh sampai gaduh

Ah...ada malaikat menyulam
Jaring laba-laba belang di tembok
Keraton putih,
Kenapa tak goyangkan saja loncengnya biar terdera

Atau aku harus lari ke pantai
belok ke hutan.

=========================================================================

PUISI RANGGA II

Perempuan datang atas nama cinta
Bunda pergi karena cinta
Digenangi air racun jingga adalah wajahmu
Seperti bulan lelap tidur di hatimu
yang berdinding kelam dan kedinginan
Ada apa dengannya
Meninggalkan hati untuk dicaci
Lalu sekali ini aku melihat karya surga
dari mata seorang hawa
Ada apa dengan cinta

Tapi aku pasti akan kembali
dalam satu purnama
untuk mempertanyakan kembali cintanya..

Bukan untuknya, bukan untuk siapa
Tapi untukku
Karena aku ingin kamu
Itu saja.


=========================================================================

AKU INGIN BERSAMA SELAMANYA

Ketika tunas ini tumbuh
Serupa tubuh yang mengakar
Setiap nafas yang terhembus adalah kata
Angan, debur, dan emosi
Bersatu dalam jubah terpautan
Tangan kita terikat
Lidah kita menyatu
Maka setiap apa terucap adalah sabda pendita ratu

Ah di luar itu pasir, di luar itu debu
Hanya angin meniup saja
Lalu terbang hilang tak ada
Tapi kita tetap menari
Menari cuma kita yang tahu

Jiwa ini tandu maka duduk saja
Maka akan kita bawa
Semua…
Karena…
Kita…
Adalah…
Satu…

Oleh: Rako Prijanto

1 comment :